Jumat, 17 April 2009

pendidikan anak usia dini (PAUD)

Apa sih PAUD itu?

Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) adalah suatu pendidikan untuk anak usia 0-6 tahun.Tapi biasanya orang awam menganggap bahwa PAUD itu play group.Tapi sebenarnya PAUD meliputi TPA(Tempat Penitipan Anak), Kelompok bermain/play group, dan TK( Taman kanak-kanak).

Apa bedanya PAUD dan TK?

PAUD merupakan pendidikan nonformal berada dibawah naungan PLS(pendidikan Luar Sekolah) dan TK merupakan pendidikan formal berada dibawah naungan Dinas Pendidikan TK,SD dan PLS. Sebenarnya sih bedanya tipissssssssssssssssssssssssssssssssssssssssss banget!!!!

Mengapa anak perlu disekolahkan sejak dini?????

kemampuan otak anak berkembang pesat pesat ketika anak berumur 0-4 th sebesar 80%, 4-8 th sebesar 10% dan 10% lagi ketika usia anak 8-17 th.Wah berarti kalo sekolah Tk umur 4th itu berarti terlambat dong? Yup benar sangat.........sangat...........terlambat.apalagi g masuk tk terus SD wah malah terlambat bangeeeeeeeet!Meskipun dididik seperti apa pun akan percuma sebab kemampuan menyerap yang 80% sudah lewat.

Mulai kapan anak perlu dididik?

Anak perlu dididik sejak sedini mungkin walaupun masih dalam kandungan pun perlu didikan.Kenapa?padahal dalam kandungan kan tidak mengerti dan tahu apa-apa.Itu pandangan yang salah besar.Ketika dalam kandungan, embrio tumbuh dan berkembang.Tumbuh meliputi pertumbuhan badan yaitu berat dan tinggi, sedang berkembang adalah kemampuan yang ada dalam diri anak meliputi tingkah laku, otak/pikiran, dll.dalam perut meskipun embrio tidak tahu apa-apa tapi ia bisa mendengar, nahhhhhhhhhhhhhhh itulah yang dapat merangsang perkembangan otak anak sehingga nantinya anak dapat pinter!

Apakah kepandaian juga berasal dari keturunan?

ya ga lahhhh, meskipun anaknya orang pinter yang punya kepinteran selangit, tetap aja klo ga disekolahin n dididik g akan jadi pinter! Meskipun anaknya orang yang yang tamatan SD atau orang tuanya g sekolah tapi klo anaknya itu dididik dan disekolahin dengan baik pasti deh jadi anak yang pandai

1 komentar:

  1. Posting yang Bagus! Oiya, salam kenal yah!

    Saya kebetulan juga praktisi PAUD di Jogja dan masih kuliah di UNY prodi PAUD angkatan 2008.
    Kini saya sedang menjadi staf Freeland di TK Al-Azhar 31 Yogyakarta. Senang rasanya bisa mengajar anak-anak yang cerdas dan lucu. Rasanya semua lelah dan capek langsung sirna ketika berinteraksi dengan mereka.

    Saat ini saya juga sedang mengembangkan kemampuan diri dengan belajar menulis cerita anak dan dongeng, juga mendongeng, dengan harapan, kelak ketika saya sudah diberi kepercayaan sepenuhnya untuk mengajar dan mendidik anak-anak usia dini saya bisa mendidik mereka dengan penuh dedikasi dan sesui dengan metode yang dianggap tepat dan sesuai.

    Dengan membangun komunikasi lewat jejering blog ini saya berharap bisa mendapatkan teman yang bisa saling berbagi ilmu dan ketrampilan dalam mendidik anak usia dini.

    Terima kasih, kali lain akan saya sempatkan lagi berkunjung ke blog istimewa ini.

    Selamat berjuang!

    BalasHapus